Tips penaburan pupuk yang “Tepat” untuk sawit dewasa dan tua

825 views
0

Sesuai dg prinsip dasar pemupukan yg diantaranya adalah tepat cara. Bagaimana cara penaburan pupuk yg benar untuk sawit dewasa dan tua. Mohon penjelasannya.

Faris kausal. BUMDES Karya Lada Mandiri Answered question September 29, 2021
Add a Comment
0
Endro (Dinas TPHP) (anonymous) 0 Comments

Cara penaburan pupuk yang tepat untuk tanaman menghasilkan (dewasa/tua) pertama-tama sekitar tanaman kelapa sawit harus sudah dibuat piringan dan ini sudah dimulai sejak tanaman belum menghasilkan untuk mengurangi nggangguan dalam pertumbuhan tanaman.

Piringan di sekitar tanaman kelapa sawit harus tetap bersih. Oleh karena itu tanah di sekitar pokok tanaman dengan jari-jari 1-2 m dari tanaman harus selalu bersih dan gulma yang tumbuh harus dibabat dan dibersihkan.

Untuk pupuk N ditaburkan merata mulai jarak 50 cm dari pokok sampai di pinggir luar piringan. Pupuk P, K dan Mg harus ditaburkan merata pada jarak 1-3 m dari pokok. Pupuk B ditaburkan merata pada jarak 30-50 cm dari pokok. Waktu pemberian pupuk sebaiknya dilaksanakan pada awal musim hujan (September-Oktober), untuk pemupukan yang pertama dan pada akhir musim hujan (Maret-April) untuk pemupukan yang kedua.

Tanibaik Admin Changed status to publish September 29, 2021
Add a Comment
Write your answer.

Categories