Cara mempercepat perakaran pada fase pembibitan

784 views
0

Obat/larutan apa yang dapat mempercepat perakaran pada proses perbanyakan bibit tanaman secara umum dengan metode cangkok ?

Sub. ICS Pandu Sejahtera - Desa Pandu Sanjaya Answered question October 18, 2021
Add a Comment
0
Dindin (anonymous) 0 Comments

Akar merupakan bagian tanaman yang sangat penting, karena akar ber fungsi menyerap air dan berbagai macam garam mineral dari dalam tanah, mengangkut air dan berbagai zat-zat makanan yang sudah diserap ke tubuh tumbuhan, pada beberapa jenis tumbuhan, akar dapat berfungsi sebagai alat respirasi.

Sedemikian pentingnya peran akar sehingga perlu upaya bagaimana agar pertumbuhan akar tumbuhan bisa lebih cepat antara lain :

Penggunaan bahan kimia tepatnya pupuk perangsang akar yang sudah umum dilakukan oleh petani di Kotawaringin Barat diantaranya :

  1. Growtone adalah zat pengatur tumbuh berbentuk tepung yang dapat larut dalam air, berwarna abu-abu berfungsi untuk mempercepat pertumbuhan akar, Cocok untuk perbanyakan tanaman dengan cara stek dan cangkok.
  2. Rootone F adalah Hormon berbentuk bubuk berwarna putih yang mengandung fungisida untuk menstimulir pertumbuhan akar stump tanaman karet.
  3. Pupuk/Nutrisi AB Mix Untuk Sayuran Daun, umum digunakan untuk sayuran hydroponic.

Selain bahan kimia diatas petani kita juga sering menggunakan bawang merah atau ekstrak bawang merah yang dapat mempengaruhi terhadap tinggi tanaman, jumlah daun dan volume akar, cukup dioleskan pada bagian tanaman yang akan dirangsang perakarannya (luka cangkok) misalnya.

Semoga bermanfaat

Tanibaik Admin Changed status to publish October 18, 2021
Add a Comment
Write your answer.

Categories