Umur berapa kelapa sawit bisa disertifikasi?

324 views
0

KUD Sawit Jaya

Tahun tanam umur berapakah lahan petani bisa tersertifikasi ISPO dan RSPO?

Ali Sobirin Answered question August 20, 2021
Add a Comment
0
Harso Yuli Antena (anonymous) 0 Comments

Tidak ada batasan terkait tahun tanam untuk pengajuan sertifikasi ISPO maupun RSPO.

Yang perlu dipertimbangkan dalam pengajuan sertifikasi yang paling utama adalah apa manfaat yang bisa diambil jika sudah menerapkan standard dan kemudian mendapatkan sertifikasi.  Hal inilah yang menjadi dasar penentu kapan waktu yang tepat untuk mengikuti sertifikasi ISPO ataupun RSPO.

Manfaat utama mengikuti sertifikasi ISPO.

Manfaat yang pertama adalah sebagai bentuk kepatuhan terhadap Peraturan Menteri Pertanian No.38/3030, pasal 7 yang menyebutkan bahwa Sertifikasi ISPO wajib terhadap usaha perkebunan sawit.  Petani sawit perorangan termasuk dalam golongan pekebun. Sesuai dengan peraturan Presiden No. 44/2020, semua usaha perkebunan wajib sudah mengikuti sertifikasi ISPO pada bulan Maret 2025.  Manfaat lanjutan dari kepatuhan terhadap peraturan ini adalah jaminan pembeli dari produk kelapa sawit yang kita hasilkan.  Sampai dengan hari ini kita mungkin masih mudah menjual TBS kita ke pedagang lokal, ramp ataupun langsung ke PKS walaupun belum memiliki sertifikat ISPO.  Namun setelah Maret 2025 nanti, Pabrik Kelapa Sawit hanya diperbolehkan membeli sawit dari kebun yang bersertifikat ISPO.  Hal ini juga berarti bahwa, mau tidak mau, suka tidak suka, pedagang TBS pemilik Ramp juga harus memperdagangkan sawit yang telah bersertifikat ISPO.

Manfaat yang kedua adalah jaminan bahwa usaha budidaya kelapa sawit akan lebih  berkelanjutan, yang antara lain:

  • Lahan yang kita gunakan untuk menanam sawit akan lebih tahan lama kemampuannya untuk digunakan bertanam sawit,
  • produksi TBS bisa mendekati jumlah produksi maksimal dengan perlakuan yang benar melalui pengendalian hama dan penggunaan pupuk yang tepat,
  • Mutu sawit terjaga sampai di PKS dengan penerapan panen dan transportasi sawit yang tepat.
  • Lingkungan sekitar kebun tetap terjaga dari polusi atau pencemaran sehingga tidak memberikan dampak buruk kepada masyarakat yang beraktifitas di sekitarnya.

Manfaat utama mengikuti sertifikasi RSPO.

Manfaat utama mengikuti sertifikasi RSPO adalah adanya nilai tambah penjualan TBS bersertifikasi melalui sistem yang dibuat oleh RSPO.  Kita bisa melakukan klaim bahwa produk TBS kita telah tersertifikasi RSPO, kemudian menjual klaim tersebut dalam bentuk kredit. PKS yang telah tersertifikasi RSPO akan cenderung memilih untuk membeli TBS dari kebun yang telah bersertifikat RSPO, yang meningkatkan pilihan tempat penjualan pekebun.

Kembali ke pertanyaan, kapan saat yang tepat untuk mengajukan sertifikasi ?

  • Untuk Penerapan Standar ISPO ataupun RSPO bisa dimulai dari saat baru mulai persiapan lahan sampai dengan replanting dan terus berkelanjutan.
  • Untuk sertifikasi ISPO sebaiknya dimulai dari jauh-jauh hari sebelum Maret 2025, agar saat masuk bulan April 2025 kita tetap bisa menjual TBS kita.
  • Untuk sertifikasi RSPO sebaiknya saat tanaman mulai berproduksi agar bisa mendapatkan manfaat tambahan berupa penjualan Kredit TBS Bersertifikat RSPO.
Tanibaik Admin Changed status to publish August 20, 2021
Add a Comment
Write your answer.

Categories